Langsung ke konten utama

Ngeblog Bareng-Bareng


Ahad 19 Nopember 2017

NGEBLOG BARENG

Serasa hidup kembali gairah untuk menulis. Ya meskipun masih terbilang amatiran, namun rasa semangat terus saja mendorong saya untuk lebih intens menulis. Bermula dari membaca info di wa, saya cermati ada yang menarik dari info tersebut, yakni belajar ngeblog bareng, dan lebih gembiranya lagi bahwa acara tersebut tidak dipungut biaya alias gratisss... hehe... dengan semangat pengen bisa ngeblog akhirnya saya putuskan untuk bisa hadir dalam acara tersebut.

Jam demi jam telah berlalu, hari yang saya tunggu-tunggu pun akhirnya tiba, Minggu 19 Nopember 2017. Rasa semangat pun masih menggebu-nggebu untuk bisa segera datang menuju lokasi. Namun apa daya perjalanan tidak selalu mulus, hehe... sempat negosiasi sebentar dengan ortu, masalah ada acara bantu-bantu, ya maklum karena hari Minggu, hehe...beberapa menit kemudian akhirnya sebuah keputusan pun terjadi, bahwasanya acara bantu-bantu ortu di pending sore hari... Alhamdulillah, ternyata Tuhan telah menunjukkan jalan...:-) hehe...

Bermodal laptop, kabel favorit dan sepeda motor andalan hehe...akhirnya saya meluncur dengan kecepatan 80-90 km per jam....wuuusss wuusss wuusss.... tibalah didekat traffic light durenan untuk menunggu rekan saya kangizza yang sebelumnya sudah ada kesepakatan untuk berangkat bareng. Setelah ketemu kamipun langsung segera meluncur ke lokasi. Oh iya, sebelumnya perkenalkan alamat rumah saya terletak di Campurdarat Kabupaten Tulungagung.

Selang beberapa menit, kamipun tiba di lokasi, kantor LPMM PAMA Ngantru Trenggalek. Kamipun langsung segera masuk ke ruangan yang telah disediakan. Salam hangat dari kawan-kawan yang datang lebih awal menyambut kami dengan penuh antusias. Berjabat tangan tidak lepas dari kebiasaan yang kami lakukan untuk lebih akrab pada mereka yang sudah datang lebih dulu. Sempat ngobrol-ngobrol dengan kawan sebelah, ternyata dia dari Trenggalek, tepatnya Kecamatan Pogalan.

Waktu sudah menunjukkan jam 9 lebih, acara pun mulai dibuka dan dimulai. Belajar ngeblog bareng di sini bukan untuk menunjukkan siapa yang ahli dan siapa yang masih kelas rendah. Kami disini belajar bareng dan saling share ilmu dan pengalaman agar bisa lebih kreatif dan bisa berbagi informasi dengan sesama. Bukan tanpa suatu alasan, dengan menulis serasa ada kepuasan sendiri untuk penulisya. Bukan hanya rasa kepuasan saja, melainkan untuk menyukuri atas nikmat yang Tuhan berikan. Lebih-lebih juga untuk memotensikan daya ingat otak supaya lebih fresh dan tidak beku.

Rekan-rekan semua yang ada dalam kegiatan ini semuanya berjumlah sekitar 20 orang. Diantara rekan-rekan semua memang ada yang sudah berpengalaman lebih duluan dalam hal ngeblog. Sebagai pemula hal ini merupakan suatu kesempatan yang tepat untuk saya bisa lebih aktif dalam belajar ngeblog. Tehnik-tehnik dasar pun mulai dijelaskan oleh tutor kami sekaligus yang mengundang kami yakni mastrigus. Sesekali dari para peserta diminta memberikan pengalaman ngeblog nya untuk menambah wawasan sekaligus menjadi motivasi khususnya bagi kami para pemula. Hal ini sangat positif dan memberikan sebuah lembar baru bagi kami untuk lebih semangat dan kreatif dalam hal menulis. Sebagai salah satu contohnya dalam hal ngeblog ini kita harus mempunyai komitmen. Komitmen yang dimaksud ketika kita mau ngeblog apa tujuannya? Satu minggu minimal harus posting berapa blog? dan sebagainya.

Belajar ngeblog bareng di sini sifatnya santai, terbuka, fleksibel dan tidak ada muatan unsur-unsur politik, hehe. Sembari penjelasan materi berlangsung hujan pun turun. Setiap masalah pasti ada solusinya,  kopi panas sudah tersedia menemani kami yang sedikit kedinginan, hehe. Acara tetap berlanjut, beberapa teknik dan trik telah diulas secara gamblang. Dan pada akhirnya setiap yang hadir diminta untuk membuat artikel minimal 500 samapi 700 kata. Jujur saja bagi pemula menulis 500-700 kata merupakan sesuatu yang sulit, tapi bukan tidak mungkin. Justru ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi saya khususnya untuk lebih aktif dalam menulis.

Sesuai dengan kesepakatan bersama jam 13.00 acara selesai, dan pada saat itu juga acara ditutup. Dan selanjutnya free untuk sharing pada rekan-rekan yang sudah mahir, atau tanya-tanya terkait ngeblog. Pengalaman yang luar biasa bisa ngeblog bareng, sinau ngeblog bareng, sharing bareng, pokok e jooss... kapan-kapan ngumpul lagi... ayo bagi rekan-rekan sekitaran Tulungagung, Trenggalek dan sekitarnya bisa gabung juga lhoh...seruu pokok e..di tunggu :-)

Blogger Tulungagung-Trenggalek

1. Nur Ishaq: 
2. Sigid Susilo:
3. Budi Setyawan:
4. Ahmad Najib:
5. Ajar Shidiq:
6. Nanang Sujatmiko:
7. Salwa Atika Dewi:
8. Zamzam Rosna Tauvik:
9. Ibnu Wijayanto:
10. Muh. Zien Kahfid:
11. Mukti Haryanto:
12. Adi Susanto:
13. Sukari:
14. Tri Wahyu Ningsih:
15. Muhamat Fatkhurrofik:
16. Faridatul Masruroh:
17. Mukahammad Nurul Izza:
18. Nizal Amali:
19. Muhammad Inamul Aufa:
20. Doni Asmara:

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan teks pembawa acara maulid nabi bahasa jawa mudah

Assalamualikum Wr.Wb Bismillaahirrahmaanirrahiim, Alhamdulillaahi robbil ‘alamiin, wassolaatu wassalaamu’alaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa’ashabihi ajma’in, Robbi srohli sodri wahsirli amri wahlul ukdatammi lisaani yafkohul kauli amma ba’du. Ingkang kawulo hormati poro alim soho poro ulama’ ingkang tansah kito to’ati fatwanipun Ingkang kawulo hormati dewan asatid asatidzah MDTQ Ingkang kawulo hormati wa bil khusus dumateng kepala MDTQ Bpk. Ky. Aminudin S.Pd.I Lan ugi santriwan santri wati MTDQ ingkang kawulo tresnani Sak derengipun acara kito milai Sumonggo kito panjataken raos pujo dalah puji syukur wonten ngarsanipun Allah SWT ingkang sampun maringi kito pinten-pinten rahmat, taufiq hidayah soho inyahipun dumateng kito sedoyo, sehinggo wonten dalu puniko kito saget makempal ing mriki majlis dalam rangka hurmat maulid Nabi Muhammad SAW kanti mboten wonten halangan setunggal punopo. Amin 3 x Ya Rabbal ‘Alamin

Pesona Air Terjun Tumpak Celeng

Pesona Air Terjun Tumpak Celeng Tulungagung mempunyai sejuta pesona alam yang menawan untuk dijelajahi. Selain juga terkenal dengan wisata kulinernya yang menjadi primadona yaitu nasi pecel, Tulungagung juga mempunyai daya eksotisme alam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Secara geografis memang letak Kabupaten Tulungagung berada di dekat pesisir artinya dekat dengan laut. Ini menjadikan Tulungagung kaya akan potensi wisata pantainya. Berbagai pantai dengan jumlah yang tidak sedikit tersebar di seluruh hamparan pesisir. Salah satu yang nge hits saat ini adalah pantai GEMAH. Bagi anda ingin yang pergi ke sana saya sarankan perginya rame-rame dengan keluarga, teman-teman serta sahabat anda. Karena kalau sendirian namanya Jomblo. hehe Berbicara tentang keindahan alamnya, Tulungagung sepertinya cocok menjadi daftar list liburan anda. Bisa dibuktikan dari beberapa tempat wisata alam yang sudah terkenal, sebut saja Coban Kromo yang ada di desa Pelem Kecamatan Campurdarat K

Menyambut Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Sabtu, 18 Oktober 2017 Shollu ala Nabi Muhammad...!!! Salam hangat kami ucapkan pada rekan-rekan sekalian. Lewat tulisan sederhana ini saya akan berbagi pengalaman tentang uniknya peringatan maulid nabi. Sebagai umat Islam Indonesia khususnya di pulau jawa  yang notabene nya masih kental dengan tradisi-tradisi adat jawa. Terkhusus  lagi di daerah saya peringatan maulid nabi ini biasa digelar dengan membuat "gunungan" semacam "buceng" yang berisikan berbagai macam buah-buahan sayur-sayuran atau orang jawa bilang "woh wohan soko asil bumi". Mengapa dalam gunungan atau buceng ini yang digunakan adalah semacam buah-buahan dan sayuran, dengan kata lain tujuannya tidak lain adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat yang berlimpah.