Langsung ke konten utama

Moment Istimewa di 25 Nopember 2017

zamzam+peringatan+hari+guru


PERINGATAN HARI GURU

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Suatu generasi dikatakan berbakti jika sudah mampu memberikan apresiasi yang apik pada para pahlawannya sebagai wujud kepedulian dan identitas. Terlebih sudah mampu mengamalkan nilai-nilai yang diajarkannya.

Hari ini kita disuguhkan dengan riuk peringatan Hari Guru Nasional tepatnya tanggal 25 Nopember 2017. Seluruh antero Indonesia hari ini bersama-sama memperingati Hari Guru Nasional. Ini merupakan moment yang istimewa khususnya bagi para guru diseluruh Indonesia. Diperingatinya Hari Guru Nasional ini juga merupakan salah satu wadah bagi guru sendiri agar lebih profesional dalam kinerjanya. Tidak lain adalah untuk mencerdaskan generasi-generasi penerus bangsa.

Menyandang gelar guru dalam diri seseorang merupakan suatu hal yang tidak mudah. Dalam prakteknya harus benar-benar memposisikan diri sebagai pendidik. Artinya segala tingkah laku dalam kehidupannya, baik di dalam maupun diluar lembaga dia juga mampu memposisikan diri sebagai guru. Ini yang menjadi salah satu alasan mengapa guru dikatakan “pahlawan tanpa tanda jasa” sungguh mulia.

Hari Guru Nasional sendiri sebenarnya juga merupakan hari lahirnya organisasi guru yaitu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang lahir pada 25 November 1945 setelah 100 hari proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dilihat dari sejarahnya gagasan untuk segera mencetuskan hari guru ini merupakan langkah awal bangsa Indonesia untuk terus bangkit dan merdeka pasca penjajahan. Inilah yang merupakan cikal bakal untuk guru-guru saat ini agar lebih semangat dan profesional dalam tugasnya.

Esensi diperingatinya Hari Guru Nasional ini tidak lain adalah sebagai tanda terimakasih atas jasa-jasa para guru yang sudah berjuang untuk memberikan yang terbaik bagi generasi penerus bangsa supaya lebih produktif dan aktif dalam mengembangkan potensi diri, dengan maksud  bisa menjadi harapan orang tua, harapan bangsa dan negara.

                                                            
Sudah sepantasnya kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada guru-guru yang sudah berjuang untuk peradaban Indonesia yang maju. Meskipun faktanya masih banyak guru yang kesejahteraannya masih dibilang pas-pasan. Namun, hal demikian tidak mematahkan semangat juang guru-guru ini untuk terus memberikan ilmu kepada generasi penerus. Disatu sisi mungkin dari para guru khawatir akan kesejahteraannya, namun perlu ditegaskan lagi sesuatu yang diberikan dengan ikhlas, yakinlah bahwa Tuhan akan menggantinya dengan sesutu yang lebih baik yang tidak disangka-disangka datangnya. Sekali lagi salut untuk para guru tanah air Indonesia.

Untuk guru ku:

Tiada kata mantan untukmu guru
Namamu akan selalu teringat
Do’amu bagai penerang di kegelapan
Trimakasih guru

HYMNE GURU

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu
Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan teks pembawa acara maulid nabi bahasa jawa mudah

Assalamualikum Wr.Wb Bismillaahirrahmaanirrahiim, Alhamdulillaahi robbil ‘alamiin, wassolaatu wassalaamu’alaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa’ashabihi ajma’in, Robbi srohli sodri wahsirli amri wahlul ukdatammi lisaani yafkohul kauli amma ba’du. Ingkang kawulo hormati poro alim soho poro ulama’ ingkang tansah kito to’ati fatwanipun Ingkang kawulo hormati dewan asatid asatidzah MDTQ Ingkang kawulo hormati wa bil khusus dumateng kepala MDTQ Bpk. Ky. Aminudin S.Pd.I Lan ugi santriwan santri wati MTDQ ingkang kawulo tresnani Sak derengipun acara kito milai Sumonggo kito panjataken raos pujo dalah puji syukur wonten ngarsanipun Allah SWT ingkang sampun maringi kito pinten-pinten rahmat, taufiq hidayah soho inyahipun dumateng kito sedoyo, sehinggo wonten dalu puniko kito saget makempal ing mriki majlis dalam rangka hurmat maulid Nabi Muhammad SAW kanti mboten wonten halangan setunggal punopo. Amin 3 x Ya Rabbal ‘Alamin

Pesona Air Terjun Tumpak Celeng

Pesona Air Terjun Tumpak Celeng Tulungagung mempunyai sejuta pesona alam yang menawan untuk dijelajahi. Selain juga terkenal dengan wisata kulinernya yang menjadi primadona yaitu nasi pecel, Tulungagung juga mempunyai daya eksotisme alam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Secara geografis memang letak Kabupaten Tulungagung berada di dekat pesisir artinya dekat dengan laut. Ini menjadikan Tulungagung kaya akan potensi wisata pantainya. Berbagai pantai dengan jumlah yang tidak sedikit tersebar di seluruh hamparan pesisir. Salah satu yang nge hits saat ini adalah pantai GEMAH. Bagi anda ingin yang pergi ke sana saya sarankan perginya rame-rame dengan keluarga, teman-teman serta sahabat anda. Karena kalau sendirian namanya Jomblo. hehe Berbicara tentang keindahan alamnya, Tulungagung sepertinya cocok menjadi daftar list liburan anda. Bisa dibuktikan dari beberapa tempat wisata alam yang sudah terkenal, sebut saja Coban Kromo yang ada di desa Pelem Kecamatan Campurdarat K

Menyambut Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Sabtu, 18 Oktober 2017 Shollu ala Nabi Muhammad...!!! Salam hangat kami ucapkan pada rekan-rekan sekalian. Lewat tulisan sederhana ini saya akan berbagi pengalaman tentang uniknya peringatan maulid nabi. Sebagai umat Islam Indonesia khususnya di pulau jawa  yang notabene nya masih kental dengan tradisi-tradisi adat jawa. Terkhusus  lagi di daerah saya peringatan maulid nabi ini biasa digelar dengan membuat "gunungan" semacam "buceng" yang berisikan berbagai macam buah-buahan sayur-sayuran atau orang jawa bilang "woh wohan soko asil bumi". Mengapa dalam gunungan atau buceng ini yang digunakan adalah semacam buah-buahan dan sayuran, dengan kata lain tujuannya tidak lain adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat yang berlimpah.